Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger
  • Desember 202517
  • November 202573
  • Oktober 202584
  • September 202564
  • Agustus 2025115
  • Juli 2025122
  • Juni 2025111
  • Mei 2025112
  • April 202587
  • Maret 2025132
  • Februari 2025117
  • Januari 2025107
  • Desember 2024149
  • November 2024176
  • Oktober 202499
  • September 2024102
  • Agustus 2024130
  • Juli 2024177
  • Juni 2024103
  • Mei 2024297
  • April 2024139
  • Maret 202464
  • Februari 202469
  • Januari 202485
  • Desember 202383
  • November 202388
  • Oktober 2023211
  • September 2023206
  • Agustus 2023144
  • Juli 2023198

Laporkan Penyalahgunaan

  • Tragis! Bocah SD Tewas Terlindas Truk di Marelan, Sang Ibu Histeris Peluk Jenazah

    Tragis! Bocah SD Tewas Terlindas Truk di Marelan, Sang Ibu Histeris Peluk Jenazah

  •  Banner Gratis, Warung Makan Makin Laris! Inisiatif CSR dari Mekar Jaya Digiprint dan Mahasiswa Universitas Siber Asia

    Banner Gratis, Warung Makan Makin Laris! Inisiatif CSR dari Mekar Jaya Digiprint dan Mahasiswa Universitas Siber Asia

  • Pangdam I/BB Bersama Kapoldasu Gerebek Sarang Narkoba Tj Pamah Namo Rube Julu

    Pangdam I/BB Bersama Kapoldasu Gerebek Sarang Narkoba Tj Pamah Namo Rube Julu

BREAKING NEWS
ZTV

ZTV

  • Media Network
  • _Perintah Rakyat
  • _METRO - NETWORK id
  • _ZTV ACEH
  • _SATU PIKIRAN
  • _NAVIGASIMETRO.id
  • News Network
  • _DAERAH
  • _GLOBAL
  • _HUKUM - KRIMINAL
  • _Dokumentasi
  • _Film
  • _KPOP
  • _Advetorial
  • _Wisata dan Kuliner
  • 🏙️ Nasional
  • 🏦 Ekonomi
  • 📰 News
  • 🗣️ Pilihan Rakyat
  • NEWS
  • NASIONAL
  • PENDIDIKAN
  • FILM
  • INTERNASIONAL
  • MEGAPOLITAN
  • POLITIK
  • PILIHAN EDITOR
  • JABODETABEK
  • KPOP
  • ADVETORIAL
  • REGIONAL
  • INDONESIA
  • FOTO
ZTV News
  • ZTV
  • ZTV ACEH
  • NAVIGASI METRO
  • METRO NETWORK
  • SATU PIKIRAN
  • PERINTAH RAKYAT
  • News
  • Pendidikan
  • Nasional
  • Ekonomi
  • Film
  • Internasional
  • Megapolitan
  • Kriminal
  • Regional
  • Politik
  • Pilihan Editor
  • Pilihan Rakyat
  • Jabodetabek
  • KPOP
  • Advetorial
  • Beranda
  • Opini

Strategi Word of Mouth dan Media Sosial Marketing

Kontributor
Juli 30, 2024

 Oleh Sinta Tiara Rini, Mahasiswa PJJ Komunikasi Universitas Siber Asia



ZTVNEWS.ID - “Hallo. Saya Putri, saya tahu kontak Anda dari TikTok? Bolehka saya memakai jasa Anda,?”

Belakangan penulis sering mendapat pesan serupa, bukan saja dari TikTok tapi juga media sosial ternama lainnya seperti Facebook, Instagram hingga Twitter. Pekerjaan penulis sebagai konsultan hewan rupanya banyak mendapat promosi mouth to mouth berupa ulasan di media sosial. 

Ini tentu saja kabar baik, di mana artinya penulis tidak perlu susah payah mengeluarkan dana untuk mempromosikan jasa penulis. Ya, promosi “mouth to mouth” atau lebih dikenal dengan istilah “worh of mouth” (WOM), adalah bentuk promosi mengenai prodik atau layanan yang disebarkan dari satu orang ke orang lainnya melalui percakapan langsung. Tentu saja dalam kasus penulis, percakapan ini melalu medium yang disebut media sosial.

Nah apa jadinya jika promosi WOM ini digabungkan dengan media sosial marketing?

Jika Anda seorang pengusaha, maka memiliki media sosial adalah keharusan. Betapa tdak, di era digital dimana banyak orang menggunakan media sosial, maka keberadaan media ini bisa membantu Anda untuk mempromosikan jasa atau layanan Anda kepada khayalak yang lebih luas dan tentu saja meningkatkan interaksi Anda dengan pelanggan. 

Menggabungkan promosi dengan media sosial marketing bisa menjadi strategi yang sangat kuat dan efektif untuk meningkatkan kesadaran dari produk dan layanan Anda, membangun kepercayaan, dan mendorong penjualan. Dengan media sosial, pelanggan bisa memberikan ulasan positif maupun negatif di platform media sosial—dengan demikian ini bisa menjadi tantangan bukan untuk tetap memberikan produk dan layanan yang terbaik. Jika pelanggan memberikan ulasan yang positif, ini tentu bisa memberikan eksposur tambahan sehingga Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas. 

Juga, WOM yang notabene merupakan rekomendasi dari teman atau keluarga, cenderung lebih dipercaya dibandingkan iklan. Anda pasti sudah akrab dengan frase, “Ah namanya juga iklan!” Dimana ini berarti bahwa seringkali isi iklan itu sekadar mengada-ada atau bahkan bisa jadi overclaimed? Oleh sebab itu, tetap saja WOM dianggap lebih efektif karena merupakan pengalaman pribadi dari pelanggan Anda.

Nah, bayangkan jika pengalaman pribadi itu kemudian dituangkan dalam media sosial, artinya ulasan dari pelanggan tersebut tidak hanya diketahui oleh teman atau kerabat mereka—sebagaimana halnya konsep WOM di kehidupan nyata—tapi juga juga oleh orang yang tidak ia kenal sama sekali karena kebetulan ulasan pelanggan muncul di laman media sosialnya.

Jangan lupa untuk memberikan respon terhadap ulasan pelanggan Anda di media sosial, karena ini akan membuat hubungan menjadi lebih dekat dan bisa meningkatkan loyalitas dan membuat mereka lebih mungkin untuk merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain. Di sini Anda mulai paham bukan betapa pentingnya media sosial untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk dan layanan Anda?

Tapi media sosial produk dan layanan Anda tidak akan “ramai” jika tidak pelanggan yang berpartisipasi seperti memberikan pertanyaan atau ulasan. Itulah mengapa tetap dibutuhkan strategi marketing seperti WOM misalnya, atau marketing tools mulai dari konten yang menarik hingga bekerja sama dengan influencer yang sesuai dengan segmen pelanggan produk dan layanan Anda. Ingat, strategi marketing yang tepat dalam penggunaan media sosial akan menghasilkan efek viral dan ini menciptakan efek bola salju yang dapat meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness secara signifikan dalam waktu singkat.

Baca Juga
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Berita Terkait
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Rekomendasi
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Berita Terbaru
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Tampilkan lebih banyak
Posting Komentar
Batal
Gambar
Terpopuler
  • Cegah Stunting, PT PHPO Bantu Makan Bergizi Kepada Anak di Belawan

  • Kodaeral 1 Musnahkan 41,7 KG Ketamine, Tegaskan Komitmen TNI AL Amankan Laut Indonesia

  • Kejaksaan Negeri Belawan Salurkan Bantuan Kebutuhan Bahan Makanan Pokok kepada Korban Banjir Di Wilayah Medan Marelan

  • PT PMT Perkenalkan Terminal Booking Sistem (TBS) Demi Kelancaran Logistik di Belawan

  • Pelabuhan Belawan Optimal Beroperasi Selama Periode Cuaca Ekstrem

  • PT PHPO KIM Salurkan Makanan Bergizi Kepada Anak di Mabar Hilir

  • Lapas Labuhan Ruku Gelar Upacara HUT Ke-54 KORPRI Tahun 2025

  • Perkuat Kesiapsiagaan, Lapas Labuhan Ruku Gelar Latihan Kesamaptaan Fisik, Mental, dan Disiplin

  • PT Prima Indonesia Logistik Berikan Bantuan Sembako Untuk Warga Terdampak Banjir

  • Ketahuan Merokok, 5 Karyawan PT WSI Dipaksa Untuk Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan

Ngaji Bareng
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Fokus
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Foto
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Shorts
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Tv
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
ZTV NETWORK
  • Brand Logo
  • Brand Logo
  • Brand Logo
  • Brand Logo
  • Brand Logo
ZTV
Ikuti Kami
  • Redaksi
  • About
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Pedoman Media Siber
© ZTV - SINCE 2021